Senin, 24 Desember 2012

Berapa Lama Permen Karet Di cerna?


Saat kecil penah ditakut takuti agar tidak menelan permen karet karena akan tertinggal di perut selama 7 tahun. Sesungguhnya, anggapan itu hanyalah mitos yang muncul dari pengamatan kita bahwa :
Permen karet bukanlah makanan dan tak boleh ditelan.
Permen karet punya sifat aneh karena tak bisa dihancurkan.
Karena kedua alasan itu, permen karet tak bisa dilumat dan tak boleh ditelan.
Sesungguhnya permen karet takan tinggal di perut lebih lama dibanding makanan apa pun lainnya. Secara garis besar, fungsi sistem pencernaan kita adalah mencerna bahan makanan yang dapat kita manfaatkan lalu mengeluarkan sisanya. Ada banyak bahan makanan yang berusaha dihancurkan oleh perut , seperti pipilan jagung manis. Tetapi ini bukan masalah, bahan bahan makanan tersebut bisa langsung dikeluarkan dalam kotoran, jika tak diperlukan. Benar bahwa permen karet memang tak bisa dicerna sehingga ia akan dikeluarkan dengan cara yang sama.

Biasanya bahan dasar permen karet adalah bahan sejenis getah , penyedap rasa, pemanis dan pelembut. Ketiga bahan terakhir dapat dicerna sehingga permen karret cepat kehilangan rasanya, manisnya dan kelembutannya saat dikunyah. Sekarang bahan dsar permen karet biasanya terbuat dari sejenis karet khusus yang juga digunakan dalam pembuatan tabung bagian dalam
Pada awal abad ke 20 permen karet biasanya terbuat dari resin alami yang berasal dari pohon chicle-sejenis pohon yang tak pernah meranggas dan berasal dari Meksiko. Orang Meksiko telah menguyah resin chicle ini selama berabad abad.

Sesungguhnya, orang telah mengunyah berbagai macam permen selama ribuan tahun. Getah pepohonan yang menggumpal disertai bekas gigitan banyak ditemukan di Findlandia dan berusia 5000 tahun. Getah tersebut diyakini telah digunakan untuk meningkatkan kesehatan mulut, juga berfungsi sebagai antiseptik. Orang yunani kuno mengunyah permen karet seperti orang pribumi amerika. Sekarang ini, militer Amerika Serikat memberikan permen karet pada para tentaranya untuk membantu meningkatkan konsentrasi dan membantu kesehatan mulut. Mereka juga memberikab permen karet bersalut kafein agaar para tentara tetap terjaga di medan perang.

Walaupun biasanya tak bertahan dilambung, permen karet bisa menghambat pencernaan jika jumlahnya cukup banyak dan cepat ditelan,serta bersamaan dengan makanan yang bisa di cerna lainnya. Baru baru ini, sebuah laporan dalam jurnal Scientific America melaporkan tiga kasus anak aak yang menelan banyak permen karet bersamaan dengan uang logam atau biji bunga matahari. Akibatnya, benda benda ersebut menjadi gumpalan liat , lengket, kental serta benar benar menyangkut dalam usus sehingga membutuhkan perwatan medis lebih lanjut. Dengan demikian, jawaban untuk pertanyaan pada judul diatas sangat jelas : permen karet tidak akan bertahanlama dalam lambung kecuali permen karet tersebut menyangkut didalamnya


Sumber : buku kesehatan paling aneh sedunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar